Cara Terbaik Merawat Rambut Berjilbab Agar Tetap Sehat

Cara merawat rambut berjilbab - Trend hijab atau sering juga disebut jilbab menjadi salah satu trend fashion wanita muslim. Tidak hanya untuk menjalankan perintah agama, hijab juga dapat mempercantik tampilan seorang wanita sehingga tidak heran apabila semakin banyak yang menggunakannya.

Jika Anda menginginkan rambut tetap sehat meskipun berjilbab, sebaiknya ikuti cara merawat rambut bagi wanita berjilbab seperti berikut ini:

    Pilih bahan jilbab atau hijab yang dapat menyerap keringat

Memakai jilbab ataupun hijab untuk menutup aurat kerapkali membuat rambut cepat lepek atau mudah berkeringat. Keringat yang berlebih inilah yang justru bisa mengakibatkan timbulnya permasalahan pada rambut, seperti berketombe, mudah rontok, lembab, bau apek, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih jilbab dengan bahan yang mudah untuk menyerap keringat seperti katun ataupun kaos.

    Hindari memakai hijab dalam keadaan rambut basah

Penyebab masalah rambut ketika berhijab adalah kebiasaan memakai hijab ketika rambut masih basah. Rambut dalam keadaan basah saat memakai hijab akan memicu kerontokkan rambut lebih parah, ketombe, gatal-gatal dan juga bau apek. Oleh karena itu, sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu sebelum memakai jilbab. Jika Anda dalam keadaan terburu-buru dan tidak cukup waktu untuk mengeringkan rambut secara alami bisa memakai hairdryer untuk mengeringkannya dengan cepat.

    Hindari mengikat rambut terlalu kuat dan kencang

Tips merawat rambut bagi wanita berjilbab berikutnya adalah dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang. Hal ini untuk menghindari permasalahan rambut yang mudah patah atau bercabang.

    Pilih jilbab berwarna soft

Sebaiknya pilih jilbab yang memiliki warna-warna soft untuk memberikan efek yang sejuk hingga kulit kepala.

Anda juga harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala serta rambut dengan keramas secara teratur. Pilihlah shampo yang tepat dilengkapi dengan vitamin serta masker rambut. Anda bisa berkeramas secara rutin setiap 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu.

    Selalu merapikan rambut sebelum maupun sesudah berjilbab

Untuk merawat rambut berjilbab, sebaiknya selalu merapikannya dengan menggunakan sisir yang bergigi jarang terbuat dari bahan plastik agar kerontokan pada rambut bisa diminimalisir.

Ketika di rumah, Anda bisa melepaskan jilbab Anda dan mulai memanjakan rambut Anda untuk memberikannya waktu beristirahat. Biarkan rambut tanpa ikatan saat di dalam rumah, agar rambut bisa bernafas, menjadi lebih segar, dan juga lebih sehat. Cara ini juga lebih efektif untuk meminimalisir kelembaban di kulit kepala yang bisa memicu ketombe ataupun kerontokan pada rambut.

    Konsumsi makanan yang bernutrisi

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, Anda juga harus merawat rambut dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menutrisi rambut Anda. Adapun nutrisi penting yang harus dikonsumsi adalah makanan yang mengandung vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin C, vitamin E dan juga protein. Kandungan tersebut ada dalam sayuran hijau, buah-buahan dan juga kacang-kacangan.

Anda juga bisa merawat rambut yang berjilbab dengan cara menggunakan bahan-bahan alami, seperti masker rambut yang terbuat dari lidah buaya, dan lain sebagainya untuk perawatan dari luar. Baca Lebih Lengkap Disini.


0 Response to "Cara Terbaik Merawat Rambut Berjilbab Agar Tetap Sehat"

Post a Comment

wdcfawqafwef