Cara Menyembuhkan Pilek Dengan Bahan Alami Yang Terbukti Aman

Cara Menyembuhkan Pilek - Pada musim pancaroba seperti sekarang ini, penyakit pilek seringkali datang menyerang. Penyakit ini walaupun tidak berbahaya, tapi sangat mengganggu pekerjaan dan aktivitas keseharian. Selain pergantian musim yang ekstrim, polusi udara juga menjadi penyebab munculnya penyakit flu pilek.

Pilek termasuk infeksi virus yang tergolong ringan. Ketika mengalami flu/pilek, usahakan kamu memperbanyak istirahat. Selain itu, cobalah konsumsi makanan yang kaya serat dan rendah lemak seperti buah dan sayur. Untuk menyembuhkan pilek ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Tubuh kita pada dasarnya sebagian besar terdiri dari cairan. Apabila cairan dalam tubuh tak tercukupi, maka akan sangat mudah sekali terkena sakit. Keluarnya cairan ingus dan keringat saat flu juga bisa memicu dehidrasi.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memperbanyak konsumsi air putih. Idealnya, menurut para ahli konsumsi air putih terbaik sebanyak 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter. Agar nggak bosan, kamu bisa membaginya dalam beberapa sesi.

2. Gunakan air hangat

Air hangat dapat merileksasi otot dan saraf dalam tubuh kita. Ketika kamu mengalami flu/pilek, konsumsilah air hangat sebanyak mungkin agar tubuh tidak terasa terlalu berat, apalagi ketika mengalami sakit kepala.

Agar hasilnya lebih maksimal, saya sarankan kamu juga menggunakan air hangat untuk mandi. Berendamlah di dalam air hangat tersebut selama kurang lebih 15 menitan supaya otot-otot tubuh terasa rileks.

3. Hirup uap air panas

Menghirup uap air panas yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih dan minyak menthol, akan sangat efektif untuk membantu meredakan hidung tersumbat akibat ingus. Cara satu ini sudah saya buktikan  sendiri keampuhannya, so jangan ragu lagi deh.

Cara mengobati pilek dengan uap air panas sangat mudah sekali kok. Kamu hanya perlu menuangkan air panas ke sebuah baskom, lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih dan minyak menthol. Hirup uap air tersebut secara perlahan sampai terasa di hidung.

4. Berkumur dengan air garam

Pilek juga bisa menyebabkan masalah tenggorokan seperti nyeri, radang, dan bahkan gatal-gatal. Untuk itu, kamu perlu mengatasinya supaya agar terasa lebih enakan. Campurkan garam bersama dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur-kumur selama 5 menitan.

Agar hasilnya semakin maksimal, ada baiknya kamu juga menambah beberapa rempah pereda flu seperti jahe, kencur, kunyit, cuka apel, dan sebagainya.

5. Aroma menthol

Menthol akan membantu mengatasi hidung tersumbat dan merileksasi otot-otot dan saraf tegang pada tubuh kita. Oleskan minyak kayu putih atau balsem ke area leher, dada, punggung, dan sebagainya. Untuk balita, jangan oleskan ke bagian hidung karena akan sangat berbahaya.

Sedangkan untuk meredakan tenggorokan, kamu bisa mengonsumsi permen menthol/mint. Sudah banyak sekali permen pereda radang tenggorokan yang dijual di pasaran. Kamu bisa membelinya dengan harga cukup terjangkau.

6. Istirahat total

Mengobati flu/pilek sebetulnya mudah saja, salah satunya kamu bisa istirahat total. Istirahat pada dasarnya membantu mengembalikan sistem kekebalan tubuh kita yang menurun saat terserang pilek. Sehingga melalui istirahat inilah sistem kekebalan tubuh akan naik dan flu pun bisa hilang.

Ketika tidur, usahakan posisi kepala jauh lebih tinggi dari pada tubuh. Gunakan bantal ganda, kemudian tidurlah dengan wajah menghadap ke langit-langit. Posisi tidur semacam ini dapat membantu meminimalisir produksi lendir dan mampu melancarkan sistem peradan darah. Lebih Lengkap Klik Disini.

0 Response to "Cara Menyembuhkan Pilek Dengan Bahan Alami Yang Terbukti Aman"

Post a Comment

wdcfawqafwef